jkbanner

THE TEACHINGS OF J.KRISHNAMURTI   -   INDONESIAN WEBSITE




TENTANG J. KRISHNAMURTI

fullbodyJ. KRISHNAMURTI dilahirkan dekat kota Madras dalam tahun 1895, Jiddu Krishnamurti berusia empat belas tahun sewaktu ia ditaruh di bawah perwalian dan asuhan penuh kasih sayang dari Nyonya Annie Besant, seorang sosialis, pembaharu dan Presiden dari Perkumpulan Teosofi Internasional, berkedudukan pusat di Adyar dekat Madras.

Nyonya Annie Besant dan koleganya Tuan C.W. Leadbeater percaya bahwa Krishnamurti adalah wadah bagi Messiah yang kedatangannya telah diramalkan oleh pengikut Teosofi. Dalam tahun 1911 didirikan Perkumpulan Bintang Timur suatu organisasi yang mengabdikan diri guna menyiapkan umat manusia bagi kedatangan Guru Dunia dengan Krishnamurti sebagai kepalanya. Dalam tahun itu juga ia dibawa ke Inggris untuk dididik secara privat dan dilatih untuk tugasnya yang akan datang.

duduk   duduk2   wchild   yong

Dalam tahun 1929 terjadi hal yang tak diduga-duga, karena ia membubarkan perkumpulan dimaksud dan melepaskan serta mengembalikan uang dan harta milik yang telah bertumpuk atas namanya. Ia mengemukakan bahwa kebenaran tidak dapat ditemukan melalui suatu sekte atau agama, tetapi hanya dengan jalan membebaskan diri dari segala bentuk keterikatan. "Anda dapat membentuk organisasi-organisasi lain dan mengharapkan orang lain", katanya "Tentang hal itu saya tidak menaruh perhatian, juga tidak untuk menciptakan kurungan-kurungan baru. Perhatian saya satu-satunya adalah untuk membebaskan umat manusia secara tanpa syarat".

faceKini diakui sebagai salah seorang guru spiritual dunia yang besar, Krishnamurti mempersembahkan hidupnya untuk berbicara di seluruh dunia. Ia tidak pernah tinggal di manapun lebih lama dari beberapa bulan sekaligus dan ia tidak menganggap bahwa ia milik suatu negara atau ras manapun. Setiap tahun ia mengadakan ceramah dan diskusi di Ojai (California), di Saanen (Negara Swiss) dan di Brockwood Park (Inggris) dan banyak kota di India. Ajarannya menarik banyak tokoh-tokoh dunia seperti Jawaharlal Nehru, Bernard Shaw, Aldous Huxley, Dr. Bohm dan lain-lain. Buku-bukunya yang telah diterbitkan dalam bahasa Inggris ada kira-kira tigapuluh buah dan telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa termasuk 13 buku dalam bahasa Indonesia. Pada tanggal 17 Pebruari 1986, dengan tenang ia meninggal dunia di Ojai, dan jenazahnya diperabukan di situ juga.