jkbanner

THE TEACHINGS OF J.KRISHNAMURTI   -   INDONESIAN WEBSITE


KE HALAMAN UTAMA



KEMBALI KE BERITA


Sebuah Keterangan Dari J.Krishnamurti

Cuplikan dari: Bulletin Inggris No.19 Autumn 1973

"Menjelang akhir Juni tahun ini para wakil keempat Krishnamurti Foundations berkumpul di Brockwood Park, Inggris, guna membicarakan tanggung-jawab mereka pada saat sekarang dan dimasa depan. Kami berkumpul selama kurang lebih sepuluh hari, dan selama diskusi-diskusi itu berlangsung, maka menjadi gamblanglah tanggung jawab serta fungsi mereka. Pertemuan sungguh penting artinya karena kami telah berkumpul dan menyelami bersama-sama berbagai problema dalam kerja kami. Kami semua merasa bahwa Foundation-Foundation harus tidak terpecah-pecah melainkan bekerja-sama sebagai suatu keutuhan, dengan niat serta kesungguhan-hati yang sama. Inilah masalah yang telah kami perbicangkan".

"Kiranya banyak diantara anda masih ingat bahwasanya pernah saya menjadi pemimpin suatu organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1911 dan mempunyai beribu-ribu anggauta dibanyak negeri. Organisasi tersebut telah saya bubarkan dalam tahun 1929, dan telah saya nyatakan bahwasanya tiada terdapat jalan yang menuju kepada kebenaran, dan tiada pula organisasi atau kepercayaan yang diorganisasikan sebagai agama dapat membimbing manusia kepada Kebenaran ataupun kepada pembebasan. Maka Saya katakan pula bahwa dalam semua apa yang disebut soal-soal kerohanian tiada terdapat otoritas, tiada pemimpin atau guru, dan bahwasanya segala bentuk penganutan malah menyesatkan penganutnya. Anda harus menjadi guru anda sendiri serta murid anda sendiri".

"Bertahun-tahun saya tetap mempertahankan kebenaran hakiki ini. Dengan jalan menganut secara membuta atau menganut sesuai dengan kesenangan atau perangai, tidak akan membawa manusia kepada kebebasan. Dan tanpa kebebasan, kebenaranpun tidak ada. Dalam semua ceramah dan tanya-jawab yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, soal itulah yang merupakan masalah pokok".

"Dewasa ini terdapatlah empat buah Krishnmurti Foundation. Yaitu Krishnamurti Foundation Trust Ltd, di Inggris, Krishnamurti Foundation Amerika, Krishnamurti Foundation India dan Fundacion Krishnamurti Hispanoamericana. Keempat-empatnya itu berdiri semata-mata karena sebab-sebab yang sederhana dan sudah terang. Selama saya hidup, mereka mengatur ceramah-ceramah, diskusi-disusi dalam kelompok, seminar serta pertemuan-pertemuan. Mereka bertanggung-jawab terhadap penyusunan, penterjemahan dan penerbitan buku-buku. Mereka bertanggung-jawab terhadap kecermatan penyimpanan arsip-arsip. Mereka membuat film, pita-pita audio dan video, mengatur peredarannya dan demikian seterusnya".

"Sekarang ini terdapat lima buah sekolah di India, sebuah Pusat Pendidikan berikut sekolahnya di Brockwood Park, Inggris, dan akan didirikan sebuah Pusat Pendidikan dengan sekolahnya di Ojai, Amerika Serikat.  Semua sekolah-sekolah ini bekerja dibawah asuhan Krishnamurti Foundation-Foundation. Adalah merupakan tugas serta tanggung-jawab Foundation-Foundation bahwasanya semua sekolah ini dapat berjalan terus, dan sekiranya bisa ---hendaklah tetap demikian setelah saya meninggal. Adalah merupakan niat yang benar-benar bulat bahwa ajaran-ajaran didalam sekolah-sekolah ini, yang sama sekali tidak merupakan suatu aliran keruhanian---hal mana ingin saya tekankan---harus dihayati baik oleh para pengajar maupun oleh para siswanya. Sekolah-sekolah tersebut sangat penting artinya, karena akan dapat menghasilkan jiwa manusia yang sama sekali berbeda".

"Foundation-foundation tidak mempunyai otoritas terhadap soal-soal yang menyangkut ajaran-ajaran. Kebenaran terletak dalam ajaran-ajaran itu sendiri. Foundation-Foundation menjaga agar ajaran-ajaran ini tetap utuh, tidak diubah-ubah, tidak pula diserongkan. Foundation-Foundation tidak mempunyai otoritas untuk menyebar propagandis, atau penafsir-penafsir mengenai ajaran itu. Seperti halnya dimasa lalu saya anggap perlu, seringkali saya tegaskan bahwa saya tidak menunjuk wakil yang atas nama saya akan meneruskan ajaran-ajaran ini, baik pada saat sekarang maupun kapan saja dimasa mendatang".

"Foundation-Foundation tidak akan memberi peluang bagi timbulnya sebarang semangat aliran keruhanian dalam kegiatan-kegiatannya. Foundation tidak akan menciptakan sebarang bentuk atau tempat pemujaan disekitar ajaran-ajaran atau orangnya".

"Dalam dunia yang kacau-balau dan rusak binasa ini, hal yang teramat penting adalah: bagaimana tiap-tiap orang menghayati ajaran-ajaran ini dalam hidupnya sehari-hari. Adalah merupakan tanggung-jawab setiap insan untuk mewujudkan transformasinya sendiri yang tidak bergantung pada pengetahuan ataupun waktu".

10 Juli 1973
  

YAYASAN KRISHNAMURTI INDONESIA @2010 - Jl. Asem Dua No. 27 Cipete Jakarta Selatan, Telp. 021 - 7695348

Publik/komunitas email : yki_indo@yahoo.co.id