jkbanner

THE TEACHINGS OF J.KRISHNAMURTI   -   INDONESIAN WEBSITE


KE HALAMAN UTAMA




The Urgency of Change - Mendesaknya Kebutuhan Perubahan

mdesakApakah Anda mencoba untuk memahami saya, ataukah Anda melihat kebenaran dari yang kita percakapkan ini, satu hal yang lepas dari saya? Jika Anda benar-benar melihat kebenaran dari apa yang kita bicarakan ini, maka Anda adalah guru Anda sendiri dan murid Anda sendiri dan ini berarti Anda memahami diri Anda sendiri. Pemahaman ini tidak bisa dipelajari dari orang lain.
----------------------------------------
Tak seorangpun dapat mendorong Anda keluar dari perangkap --- tak ada guru, tak ada obat bius, tak ada mantera, tak seorangpun, termasuk saya sendiri --- tak seorangpun, terutama saya sendiri.  Yang perlu Anda lakukan tiada lain adalah sadar dari awal hingga akhir, tidak kehilangan perhatian di tengah perjalanan itu. Sifat yang baru dari kesadaran ini adalah perhatian, dan di dalam perhatian tidaklah terdapat garis batas yang dibuat oleh si "aku". Perhatian ini merupakan bentuk kebajikan yang tertinggi, oleh sebab itu perhatian adalah cinta kasih. la adalah inteligensi yang tertinggi dan perhatian tak bisa ada kalau Anda tidak peka terhadap struktur serta sifat dari perangkap-perangkap yang di ciptakan oleh manusia.
----------------------------------------
Gerak apapun yang bertolak dari apa adanya saya malah memperkuat apa adanya saya. Maka perubahan itu sama sekali bukan gerak. Perubahan adalah peniadaan perubahan dan hanya sekaranglah dapat saya ajukan pertanyaan ini : apakah perubahan itu sesuatu yang memang ada ? Pertanyaan ini dapat diajukan hanya apabila segenap gerak pikiran telah berhenti, sebab pikiran harus diingkari demi keindahannya ketidakberubahan. Dalam peniadaan total segenap gerak pikiran dari apa adanya, berakhirlah apa adanya. 
----------------------------------------


Freedom From The Known

frenewKebanyakan dari kita takut akan mati, karena kita tak tahu apa artinya hidup. Kita tak tahu bagaimana caranya hidup dan karena itu tak tahu bagaimana caranya mati. Selama kita takut akan hidup, kita takut akan mati. Orang yang tidak takut hidup tidak takut akan ketidakpastian batiniah yang menyeluruh, karena ia mengerti bahwa secara batiniah, psikologis, kepastian itu tak ada. Bila tak ada kepastian, yang ada ialah sebuah gerak tanpa akhir, maka hidup dan mati adalah sama. Orang yang hidup tanpa konflik, yang hidup dengan keindahan dan cinta, tidak takut akan kematian karena mencintai berarti mati.

Bila Anda mati terhadap segala sesuatu yang Anda ketahui, termasuk keluarga Anda, kenangan Anda, segala sesuatu yang pernah Anda rasakan, maka kematian itu merupakan suatu pemurnian, suatu proses peremajaan; maka kematian membawa kemurnian dan hanya orang yang murnilah yang penuh semangat, bukan orang-orang yang percaya atau yang ingin menemukan apa yang terjadi setelah mati.

Untuk betul-betul menemukan apa yang terjadi bila Anda mati, Anda harus mati. Ini bukan lelucon. Anda harus mati—tidak secara fisik tetapi secara psikologis, dalam batin, mati terhadap segalanya yang telah Anda hargai dan segalanya yang terasa pahit. Jika Anda telah mati terhadap salah satu bentuk kesenangan Anda, yang terkecil ataupun yang terbesar, secara wajar, tanpa paksaan atau alasan, maka Anda akan tahu apa artinya mati. Mati berarti mempunyai batin yang kosong sama sekali dari ciptaan dirinya sendiri, kosong dari keinginan, kesenangan dan siksaan sehari-hari. Kematian adalah suatu pembaharuan, suatu mutasi, yang di dalamnya pikiran tak berfungsi sama sekali karena pikiran itu usang. Bila ada kematian, terjadilah sesuatu yang baru sama sekali. Kebebasan dari yang dikenal adalah kematian, maka barulah Anda hidup. J.KRISHNAMURTI


Perubahan alamat email YKI

Berhubung sering terganggunya keluar/masuk email kami yaitu publik@krisnamurti.or.id, maka kami membuat email baru dari publik mail untuk keperluan
korespondensi, pertanyaan, dan sebagainya dari para komunitas pembaca Krishnamurti yaitu dengan alamat :

yki_indo@yahoo.co.id

Terima Kasih



Gathering YKI di Bogor

Gathering YKI di villa keluarga Pak Brunoto di Bogor, 12 Januari 2008, dihadiri oleh 15 orang.  Adapun pertemuan tersebut sekedar silaturahmi, makan siang bersama, dan membicarakan kegiatan YKI berupa pencetakan buku - buku Krishnamurti, situsweb YKI, dan koordinator penerbitan buku, serta perpustakaan K di Jakarta maupun yang di Bogor.

Klik link di bawah ini untuk berita/foto-foto selengkapnya :

GATHERING YKI DI BOGOR


Buku - buku edisi bahasa Indonesia telah diperbaharui

Semua buku - buku dalam bahasa Indonesia yang ditulis oleh J.Krishnamurti yang ada di pustaka YKI telah berhasil diperbaharui baik berupa teks, cover, dsb. Untuk itu judul - judul buku yang banyak diminati terlebih dahulu segera akan kami cetak (print) dalam jumlah terbatas.

terbangnya bunga pustaka andalah  


Perpustakaan Krishnamurti di Jakarta

Bertempat di Tanah Abang 4/34-C-D-E, perpustakaan Krishnamurti yang kedua telah terwujud atas sumbangan dari bapak Tatang Kurdi. Sudah banyak buku-buku yang dikumpulkan, baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris. YKI telah pula mendapatkan sumbangan buku-buku Krishnamurti dari Krishnamurti Foundation of India, hasil terbitan mereka.

Perpustakaan dibuka SENIN - JUMAT jam 12.00 - 17.00
Telp. (021) 3861857-60 dengan Sdr. Arman